Komunikasi Nonverbal
Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalamkomunikasi bisnis.Walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurangterstruktur sehingga sulit untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat,ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara.Dalam penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda,seperti dalam komunikasi nonverbal.pesan yang disampaikan biasanya dilakukan secara spontantanpa memiliki rencana dan dilakukan secara tidak sadar dan bersifat alami.Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan, yaitu:
- Menyediakan dan memberikan informasi
- Mengatur alur suatu percakapan
- Mengekspresikan emosi
- Memberi sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
- Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
- Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat
kuliah
Kadang dalam prakteknya, di dalam suatu komunikasi bisnis terjadi penggabungan antar komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dalam suatu situasi.Karena biasanya kata-katayang disampaikan dalam suatu komunikasi atau percakapan kadang hanya membawa sebagiandari pesan.Dan relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal dapat menentukankredibilitas dan kepemimpinan seseorang, yang dapat dilihat dari karateristik suara, penampilan,sentuhan, gerakan dan posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah dan mata.