Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan, dan kemampuan menginformasikan dari peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Dalam penilaian proyek ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan yaitu :
a) Kemampuan pengelolaan; kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta pengumpulan laporan
b) Relevansi : keseuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahamn dan keterampilan dalam pembelajaran.
c) Keaslian; proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik.
Instrumen penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Sehubungan dengan itu guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyususnan desain, pengumpulan data, analisa data dan penyiapan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.
Penialaian Produk
Penialian produk adalah penilaian terhadap poses pembentukan dan kualitas produk. Penilaian ini meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk teknologi, seni. Pengembangan produk meliputi 3 tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu :
a) Tahap persiapan, meliputi penilsisn kemampuan peserta didik dalam merencanakan,menggali danmengembangkan gagasan serta mendesain produk.
b) Tahap penilaian, meliputi menilai kemampuan siswa membuat produk sesuai kegunaannya, memenuhi kriteria keindahan/presisi dan sebagainya.
Tenik penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau analitik :
a) Cara analitik yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap persiapan, pembuatan produk dan penilaian produk).
b) Cara holistik yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan hanya pada tahap penilaian produk.
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan, dan kemampuan menginformasikan dari peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Dalam penilaian proyek ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan yaitu :
a) Kemampuan pengelolaan; kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta pengumpulan laporan
b) Relevansi : keseuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahamn dan keterampilan dalam pembelajaran.
c) Keaslian; proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik.
Instrumen penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Sehubungan dengan itu guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyususnan desain, pengumpulan data, analisa data dan penyiapan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.
Penialaian Produk
Penialian produk adalah penilaian terhadap poses pembentukan dan kualitas produk. Penilaian ini meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk teknologi, seni. Pengembangan produk meliputi 3 tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu :
a) Tahap persiapan, meliputi penilsisn kemampuan peserta didik dalam merencanakan,menggali danmengembangkan gagasan serta mendesain produk.
b) Tahap penilaian, meliputi menilai kemampuan siswa membuat produk sesuai kegunaannya, memenuhi kriteria keindahan/presisi dan sebagainya.
Tenik penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau analitik :
a) Cara analitik yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap persiapan, pembuatan produk dan penilaian produk).
b) Cara holistik yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan hanya pada tahap penilaian produk.