Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah sesuatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiapinsan manusia, karena berkomunikasi merupakan dasar interaksi antar manusia untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yangmaksimal diantara kedua nya. Untuk mencapai usaha dalam berkomunikasi secara efektif, makasebaiknya kita harus mengetahui sejumlah pemahaman dan persoalan yang terjadi dalam proses berkomunikasi itu sendiri.Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis;atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.Komunikasi
Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnistersebut.Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi,rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll.Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll.
Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama,yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
UNSUR-UNSUR DALAM BERKOMUNIKASI
Komunikasi meliputi 5 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :
1. Komunikator = who [communicator, source, sender]
2. Pesan = says what [message]
3. Media = in which channel [channel, media]
4. Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
5. Efek [effect, impact, influence]
Hal yang pertama dilakukan adalah memahami bentuk dasar komunikasi.Karena seorangkomunikator yang baik harus memiliki beberapa alat komunikasi yang menunjang dalammenyampaikan suatu pesan. Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasisehingga memiliki arti dan bisa menarik minat dan simpati dari para pendengarnya dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan diskusi.
TEKNIK KOMUNIKASI
1. Komunikasi informatif [informative communication]
2. Komunikasi persuasif [persuasive communication]
3. Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
4. Hubungan manusiawi [human relation]
TUJUAN KOMUNIKASI
- Perubahan sikap [attitude change]
- Perubahan pendapat [opinion change]
- Perubahan perilaku [behaviour change]
- Perubahan sosial [social change]
BENTUK KOMUNIKASI
Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis,yaitu, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.