Definisi Operasional
Definisi operasional adalah suatu definisi yang dinyatakan dalam kriteria atau operasi yang dapat diuji secara khusus (Cooper dan Emory ; 1997 : 37). Definisi operasional dari masing-masing variabel penelitian ini adalah sebagi berikut:
a) Kepercayaan atas merek
Menunjukkan sejauh mana konsumen mau menggantungkan dirinya dengan resiko tertentu dalam menggunakan pasta gigi merek Pepsodent. Diukur dengan 4 item pertanyaan.
b) Prediksi atas merek
Mengacu pada kemampuan sebuah merek untuk dapat diramalkan atau diprediksi. Bahwa dalam menggunakan pasta gigi merek Pepsodent, responden sebelumnya dapat mengharapkan kepuasan yang akan diperoleh. Diukur dengan 4 item pertanyaan.
c) Kesukaan terhadap merek
Menunjukkan tingkat preferensi responden terhadap merek. Apabila ia sudah merasa sesuai atau cocok dengan pasta gigi merek Pepsodent, maka ia akan senang untuk memilih pasta gigi merek Pepsodent tersebut. Diukur dengan 3 item pertanyaan.
d) Kompetensi merek
Kompetensi merek menujukkan apakah suatu merek mempunyai keahlian dalam mencukupi segala kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen dan juga dapat memecahkan masalah yang dimiliki oleh konsumen. Diukur dengan 5 item pertanyaan.
e) Reputasi merek
Menunjukkan opini secara umum bahwa produk dengan merek tersebut bagus dan dapat dipercaya. Berdasar persepsi responden mengenai bagaimana pasta gigi Pepsodent tersebut dikenal secara luas. Responden menilai pasta gigi merek Pepsodent adalah merek yang dianggap mempunyai reputasi baik atau dianggap buruk. Diukur dengan 5 item pertanyaan.
f) Kepercayaan atas perusahaan
Kepercayaan atas perusahaan menunjukkan sejauh mana konsumen mempercayai produsen merek tersebut. Yakni sejauh mana responden mempercayai produsen pasta gigi merek Pepsodent yaitu PT Unilever Indonesia Tbk akan selalu memproduksi produk yang berkualitas tinggi. Diukur dengan 5 item pertanyaan.