a

Penjelasan Tentang Berbicara

BERBICARA

Keterampilan berbahasa ada 4, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dari ke-4 keterampilan berbahasa tersebut, yang paling menonjol pemakaiannya di masyarakat adalah berbicara. Pembelajaran keterampilan berbicara di SMA dan MA bertujuan melatih dan mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan bahasa secara lisan untuk mengemukakan pendapat, perasaan, menjalin komunikasi, dan melakukan interaksi sosial dengan anggota masyarakat yang lain

Kompetensi berbicara yang ingin dicapai mencakup kemampuan melafalkan secara tepat (menggunakan artikulasi secara tepat), memilih kata (diksi), menggunakan intonasi dan irama, berbicara untuk mengemukakan pendapat, berbicara untuk menyampaikan informasi, berbicara untuk berinteraks dan berdiskusi, serta berbicara untuk menyampaikan hasil reproduksi.

Secara umum, keterampilan berbicara dibedakan menjadi berdiskusi, berpidato, wawancara, memberikan tanggapan, menyampaikan informasi, menceritakan suatu peristiwa, dan berbicara sastra

a.   Berdiskusi
      adalah suatu cara bertukar pendapat antara dua orang atau lebih untuk memperoleh kesepakatan atau keputusan bersama. Yang termasuk dalam kegiatan berdiskusi adalah diskusi kelompok, diskusi panel, workshop/ lokakarya, rapat kerja, seminar, konferensi, kongres, simposium, kolokium, sarasehan, cawan ikan (fish bowl), dan debat.

b.   Berpidato
adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum, Langkah-langkah persiapan berpidato adalah sebagai berikut.
1.   Menentukan topik.
2.   Menentukan maksud/tujuan.
3.   Menganalisis situasi dan pendengar.
4.   Memilih dan merumuskan topik ke dalam ide-ide yang lebih terperinci.
5.   Mengumpulkan bahan.
6.   Memahami dan menghayati materi.
7.   Latihan berpidato.

c.   Wawancara
      adalah suatu cara mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada seseorang (narasumber). Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan harus disiapkan     terlebih dahulu, disesuaikan dengan tujuan yang diharapkan.

d.   Memberikan tanggapan
      adalah kegiatan menyampaikan pendapat tentang sesuatu yang merupakan tanggapan,     persetujuan, ketidaksetujuan, kritik, atau dukungan terhadap sesuatu.
e.   Menyampaikan informasi
      adalah kegiatan memberikan informasi atau berita tentang sesuatu kepada orang lain.     Ada tiga hal penting dalam penyampaian informasi, yaitu: keakuratan, kelengkapan, dan kejelasan.

f.    Menceritakan suatu peristiwa
      adalah kegiatan berbicara yang dilakukan untuk menceritakan kesan pembicara tentang sesuatu atau suatu peristiwa.

g.   Berbicara sastra
      Yang dimaksud dengan berbicara sastra adalah kegiatan berbicara yang berkaitan dengan karya sastra. Pengembangan kemampuan berbicara sastra meliputi berbalas pantun, musikalisasi puisi, mendongeng, dramatisasi/bermain peran berdasarkan naskah, menceritakan kembali isi cerpen, dan menanggapi secara lisan pementasan karya sastra. Masalah ini secara khusus akan dibicarakan pada aspek sastra.

Sasaran penilaian keterampilan berbicara adalahsebagai berikut.
1. Topik            : kemampuan memilih, menentukan dan memahami topik
2. Retorika        : kemampuan menyusun dan menyampaikan topik
3. Kebahasaan  : a. kemampuan menggunakan bahasa baku
                             b. keterampilan menggunakan bahasa secara efektif dan pragmatis
4. Sikap/aspek non-bahasa : mimik, pantomimik, suara.

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Contoh Artikel Berita - Template by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.