Keberhasilan Komunikasi Bisnis
Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahamanantara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhioleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat danwaktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya peyerapan informasidengan lebih mudah dan jelas.Secara empiris, pemahaman orang perihal sesuatu hal akan lebih mudah diserap dan dipahami jika sesuatu tersebut diperlihatkan dibanding hanya diperdengarkan atau dibacakan. Dan akanlebih baik lagi hasilnya jika sesuatu yang dikomunikasikan tersebut, selain diperlihatkan jugasekaligus dipraktikkan.
Hasil studi tentang perilaku bisnis di kalangan eksekutif menunjukkan fakta bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan unsur pokok di antara berbagai faktor personal yang diperlukan untuk mempromosikan menejemen organisasi atau mengatasi konflik menejemen (Boove and Thill,2002). Dengan kata lain, kemampuan berkomunikasi efektif sekaligus juga merupakan salah satuciri mutu SDM karyawan. Istilahnya, komunikasi efektif dalam suatu organisasi dapatdiumpamakan seperti darah dalam tubuh dan kunci kesuksesan.Keberhasilan komunikasi bisnis juga sangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalamkomunikasi bisnis. Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnyaditentukan beberapa hal :
- Persepsi
Komunikator harus dapat memprediksi apakah pesan yang disampaikan dapat diterima komunikan.
- Keberhasilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Salah satu faktor keberhasilan komunikasi bisnis dalam penggunaan teknologi informasidan komunikasi yaitu adanya proses integrasi informasi menyangkut ketersediaan komunikasidata yang tepat guna. Ini mencakup beberapa faktor antara lain, pertama, cakupan (range) produk jasa komunikasi data yang dimiliki. Dengan adanya hirarki, jenis, dan besar kecilnya manufaktur mempunyai perbedaan karakteristik sistem informasi yang dibutuhkan sehingga diperlukan jenislayanan komunikasi yang berbeda pula. Kedua, Coverage. Diperlukan provider yang dapatmenyediakan layanan di lokasi manapun mengingat lokasi manufaktur yang menyebar danterkadang di daerah yang terpencil (rural area).Ketiga, unjuk kerja (performansi).Performansiyang tinggi merupakan syarat utama agar komunikasi selalu dapat dilakukan. Keempat, Biaya. Faktor biaya menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan agar efisiensi tetap dapatditingkatkan.
- Ketepatan
Komunikan atau audience memiliki kerangka pikir.Agar komunikasi yang dilakukan tepatsasaran, komunikator perlu mengekspresikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengankerangka pikir komunikan.
- Kredibilitas
Dalam berkomunikasi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bahwa komunikan dapatdipercaya.Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari komunikan.
- Pengendalian
Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan balik/feedback terhadap pesan yangdisampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target komunikasi yang diharapkan.
- Kecocokan
Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkandengan komunikan.Pendapat lain mengatakan bahwa agar komunikas berjalan secara efektif dan efisien maka ada 3 hal yang sangat penting yaitu :
1. Mampu membuat pesan dipahami.
2. Harus memahami pesan yang diharapkan yang dikirim kepada anda.
3. Kendali atas proses komunikasi harus diterapkan.Selain itu agar dapat melakukan komunikasi bisnis yang efektif, seorang komunikan harusmemiliki 3 kemampuan (skill), yaitu :
1. Empati
2. Pembicara yang sederajat
3. Proyeksi atau menciptakan dampak.
Dengan demikian apabila komunikasi bisnis berjalan secara efektif di suatu perusahaan akandapat menghasilkan beberapa hal sebagai berikut :
a. Mempercepat Penyelesaian Masalah.
b. Memperkuat Pengambilan Keputusan.
c. Meningkatkan Profesionalisme.
d. Memberikan Respon yang Positif terhadap Stakeholder.
e. Meningkatkan Produktivitas.
f. Memperkuat hubungan Bisnis.