a

Instrumen penilaian minat belajar

Instrumen penilaian minat belajar

Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa obyek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap obyek tersebut (crites, 1969:29). Minat juga merupakan kemampuan untuk memberikan stimulus yang mendorong seseorang untuk memperhatikan aktivitas yang dilakukan berdasarkan pengalaman yang sebenarnya (Crow and Crow, 1984:248).


Berdasarkan kedua pernyataan ini, maka minat merupakan pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan (Skiner, 1974:337) dan dapat membangkitkan gairah sesseorang serta melahirkan kesediaannya untuk menggunakan waktu, ruang, energy dalam memenuhi kesukaannya (Raths, et al.,1996:69). Siswa yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam pelajaran tersebut.

Oleh karena itu definisi operasional minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Kisi-ksi dan soalnya adalah sebagai berikut:

NO
DIMENSI
INDIKATOR
NOMOR SOAL
1
Kesukaan
Gairah
8, 13


Inisiatif
16,   17
2
Ketertarikan
Responsif
10,   15,   20


Keseleraan
2,  6,  9
3
Perhatian
Konsentrasi
7,  19


Ketelitian
3,  10
4
Keterlibatan
Kemauan
4,  5


Keuletan
1,    18


Kerja keras
12,   14
Keterangan :   nomor yang bergaris bawah adalah untuk pernyataan positif

Contoh instrumen seperti berikut ini.
NO
PERNYATAAN
SS
S
KK
J
TP
1





2
Saya segera mengerjakan PR sebelum datang pekerjaan yang lain





7
Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru menerangkan di kelas





16
Saya suka membaca buku ekonomi





20





Keterangan :        SS = sangat sering, S = sering, KK = kadang-kadang, J = jarang, TP = tidak pernah
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Contoh Artikel Berita - Template by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.