Instrumen penilaian minat belajar
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa obyek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap obyek tersebut (crites, 1969:29). Minat juga merupakan kemampuan untuk memberikan stimulus yang mendorong seseorang untuk memperhatikan aktivitas yang dilakukan berdasarkan pengalaman yang sebenarnya (Crow and Crow, 1984:248).
Berdasarkan kedua pernyataan ini, maka minat merupakan pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan (Skiner, 1974:337) dan dapat membangkitkan gairah sesseorang serta melahirkan kesediaannya untuk menggunakan waktu, ruang, energy dalam memenuhi kesukaannya (Raths, et al.,1996:69). Siswa yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam pelajaran tersebut.
Oleh karena itu definisi operasional minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Kisi-ksi dan soalnya adalah sebagai berikut:
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa obyek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap obyek tersebut (crites, 1969:29). Minat juga merupakan kemampuan untuk memberikan stimulus yang mendorong seseorang untuk memperhatikan aktivitas yang dilakukan berdasarkan pengalaman yang sebenarnya (Crow and Crow, 1984:248).
Berdasarkan kedua pernyataan ini, maka minat merupakan pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan (Skiner, 1974:337) dan dapat membangkitkan gairah sesseorang serta melahirkan kesediaannya untuk menggunakan waktu, ruang, energy dalam memenuhi kesukaannya (Raths, et al.,1996:69). Siswa yang menaruh minat pada suatu mata pelajaran perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai pendorong kuat untuk terlibat secara aktif dalam pelajaran tersebut.
Oleh karena itu definisi operasional minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaannya yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan. Kisi-ksi dan soalnya adalah sebagai berikut:
NO | DIMENSI | INDIKATOR | NOMOR SOAL |
1 | Kesukaan | Gairah | 8, 13 |
Inisiatif | 16, 17 | ||
2 | Ketertarikan | Responsif | 10, 15, 20 |
Keseleraan | 2, 6, 9 | ||
3 | Perhatian | Konsentrasi | 7, 19 |
Ketelitian | 3, 10 | ||
4 | Keterlibatan | Kemauan | 4, 5 |
Keuletan | 1, 18 | ||
Kerja keras | 12, 14 |
Keterangan : nomor yang bergaris bawah adalah untuk pernyataan positif
Contoh instrumen seperti berikut ini.
NO | PERNYATAAN | SS | S | KK | J | TP |
1 | … | |||||
2 | Saya segera mengerjakan PR sebelum datang pekerjaan yang lain | |||||
7 | Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru menerangkan di kelas | |||||
16 | Saya suka membaca buku ekonomi | |||||
20 | … |
Keterangan : SS = sangat sering, S = sering, KK = kadang-kadang, J = jarang, TP = tidak pernah