Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google, Yansen Kamto menghadiri konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2013 di San Fransisco, AS, pada 15 sampai 17 Mei 2013
Oleh: Yansen Kamto*
SAN FRANSISCO, Rangkaian acara Google I/O 2013 yang berlangsung selama 3 hari tidak hanya diisi dengan sesi seminar, workshop dan diskusi. Yang tidak kalah menarik adalah area pameran selama konferensi ini berlangsung. Gedung pertemuan Moscone Center yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing lantainya memiliki fungsi yang berbeda. Lantai pertama digunakan sebagai tempat pendaftaran ulang, food court area, help desk dan Google Store. Sementara lantai kedua dan ketiga merupakan area pameran serta tempat berlangsungnya seminar dan sesi code labs.
Google menata area pameran dengan sangat baik dan rapi. Bagi developer dan Google fanboy, area pameran ini bagaikan taman bermain di mana mereka bisa menjajal produk-produk Google.
Memasuki area pameran, mata saya langsung tertuju kepada patung Android raksasa yang imut nan lucu. Si "robot ijo" ini tampil keren dalam dua kostum. Keren sekali, bukan?
Di area ini, booth peserta pameran secara khusus menampilkan hasil karya para Google developer partners. Satu booth yang saya incar, dan saya yakin juga banyak dicari orang adalah booth Google Glass. Sayang, begitu saya tanya apakah saya bisa membeli Glass, saya diberi gelengan, karena memang Glass ini belum dijual untuk publik. Sepertinya saya – dan tentunya banyak orang lain – memang masih harus bersabar.
Booth lain yang tidak kalah keren adalah YouTube. Di sini ditampilkan beberapa developer partners yang telah mengembangkan aplikasi menggunakan YouTube API. Selain itu, ada area syuting yang dilengkapi dengan green screen di mana kita bisa bergaya seakan sedang direkam dengan latar belakang yang unik.
Saya juga tertarik dengan booth Google Play di mana berbagai developer partners memamerkan aplikasi yang mereka ciptakan. Area ini banyak didominasi oleh para pengembang game dari berbagai genre. Satu yang mencuri perhatian saya adalah booth Google Play for Education, namun sayangnya layanan ini belum tersedia untuk pasar Indonesia.
Berkeliling di area pameran ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Bukan hanya kontennya yang menarik, tetapi hal ini juga menunjukkan betapa besarnya peluang di industri digital. Google memberikan banyak kesempatan kepada para developers partners untuk mengembangkan aplikasi di platform yang mereka punya, untuk menciptakan apapun yang mereka minati, mulai dari game, video, pendidikan hingga wearable technology seperti Google Glass.
Nantikan sambungan artikel saya berpetualang di taman bermain ala Google pada liputan selanjutnya!
*Yansen Kamto adalah CEO Kibar, sebuah perusahaan konsultan digital yang mengkhususkan diri di industri teknologi dan kreatif.
Penulis menghadiri konferensi developer Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat, dari 15 hingga 17 Mei 2013. Tulisan ini merupakan artikel berseri yang membahas liputan dan pengalaman langsung selama berlangsungnya Google I/O.
Oleh: Yansen Kamto*
SAN FRANSISCO, Rangkaian acara Google I/O 2013 yang berlangsung selama 3 hari tidak hanya diisi dengan sesi seminar, workshop dan diskusi. Yang tidak kalah menarik adalah area pameran selama konferensi ini berlangsung. Gedung pertemuan Moscone Center yang terdiri dari tiga lantai, masing-masing lantainya memiliki fungsi yang berbeda. Lantai pertama digunakan sebagai tempat pendaftaran ulang, food court area, help desk dan Google Store. Sementara lantai kedua dan ketiga merupakan area pameran serta tempat berlangsungnya seminar dan sesi code labs.
Google menata area pameran dengan sangat baik dan rapi. Bagi developer dan Google fanboy, area pameran ini bagaikan taman bermain di mana mereka bisa menjajal produk-produk Google.
Memasuki area pameran, mata saya langsung tertuju kepada patung Android raksasa yang imut nan lucu. Si "robot ijo" ini tampil keren dalam dua kostum. Keren sekali, bukan?
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Di area ini, booth peserta pameran secara khusus menampilkan hasil karya para Google developer partners. Satu booth yang saya incar, dan saya yakin juga banyak dicari orang adalah booth Google Glass. Sayang, begitu saya tanya apakah saya bisa membeli Glass, saya diberi gelengan, karena memang Glass ini belum dijual untuk publik. Sepertinya saya – dan tentunya banyak orang lain – memang masih harus bersabar.
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Booth lain yang tidak kalah keren adalah YouTube. Di sini ditampilkan beberapa developer partners yang telah mengembangkan aplikasi menggunakan YouTube API. Selain itu, ada area syuting yang dilengkapi dengan green screen di mana kita bisa bergaya seakan sedang direkam dengan latar belakang yang unik.
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Saya juga tertarik dengan booth Google Play di mana berbagai developer partners memamerkan aplikasi yang mereka ciptakan. Area ini banyak didominasi oleh para pengembang game dari berbagai genre. Satu yang mencuri perhatian saya adalah booth Google Play for Education, namun sayangnya layanan ini belum tersedia untuk pasar Indonesia.
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Suasana Dalam Acara Pameran Buatan Google |
Berkeliling di area pameran ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Bukan hanya kontennya yang menarik, tetapi hal ini juga menunjukkan betapa besarnya peluang di industri digital. Google memberikan banyak kesempatan kepada para developers partners untuk mengembangkan aplikasi di platform yang mereka punya, untuk menciptakan apapun yang mereka minati, mulai dari game, video, pendidikan hingga wearable technology seperti Google Glass.
Nantikan sambungan artikel saya berpetualang di taman bermain ala Google pada liputan selanjutnya!
*Yansen Kamto adalah CEO Kibar, sebuah perusahaan konsultan digital yang mengkhususkan diri di industri teknologi dan kreatif.
Penulis menghadiri konferensi developer Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat, dari 15 hingga 17 Mei 2013. Tulisan ini merupakan artikel berseri yang membahas liputan dan pengalaman langsung selama berlangsungnya Google I/O.